Rabu, 10 September 2014

CONTOH DARI MACAM-MACAM POLIMER

Macam - Macam Polimer dan Contohnya


1.     PETE atau PET (Polyethylene Terephthalate)




       Plastik PET merupakan serat sintetik poliester (dakron) yang transparan dengan daya tahan kuat, tahan terhadap asam, kedap udara, fleksibel, dan tidak rapuh. Dalam hal penggunaannya, plastik PET menempati urutan pertama. Penggunannya sekitar 72 % sebagai kemasan minuman dengan kualitas yang baik. Plastik PET merupakan poliester yang dapat dicampur dengan polimer alam seperti : sutera, wol dan katun untuk menghasilkan bahan pakaian yang bersifat tahan lama dan mudah perawatannya.
      Simbol PET atau PETE biasa terdapat pada botol plastik transparan seperti pada kemasan air mineral atau minuman yang siap untuk diminum. Jangan pernah mengisi ulang botol dengan simbol seperti ini, apalagi dengan air panas. Hal ini dapat mengakibatkan lapisan polimer pada botol tersebut meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik yang bisa memicu penyakit kanker.

2. Polietena


     
      Polietena merupakan polimerisasi dari monomer etena. Polietena punya titik didih 110o C dan banyak dimanfaatkan untuk botol, film, pembungkus, dan isolator alat-alat listrik.

3. LDPE (low density polyethylene)

 

      Plastik dengan simbol ini biasanya digunakan untuk makanan, plastik kemasan, dan teksturnya terasa lembek atau lentur. Plastik pembungkus makanan atau botol dengan kode ini cukup aman digunakan. Namun, plastik ini hampir tidak dapat dihancurkan. Kegunaan utama dari polimer jenis ini adalah Lapisan pengemas, isolasi kawat, dan kabel, barang mainan, botol yang lentur, bahan pelapis

4. Polivinilklorida (PVC)

 

       Sobat hitung pernah dengan pipa PVC yang biasanya untuk membuat saluran air? Pipa itu terbuat dari Polivinilklorida. Manfaat polimer untuk membuat pipa, pelapis lantai, dan tongkat.

5. Polipropilena

 

      Merupakan gabungan molekul-molekul propena. Mirip sifatnya dengan  polietena namun lebih kuat. Polipropilena banyak digunakan untuk membuat tali, botol, karung, dan sebagainya.

6. Polistirena

 

      Polistirena merupakan gabungan dari stirena. Manfaat polimer ini sebagai pembungkus makanan dan minuman (gelas plastik)

7. Karet Alam dan Karet Sintesis


     Karet alam merupakan polimer isoprena yang disadap dari pohon karet menghasilkan getah karet yang dikoagolasi oleh asam format menghasilkan karet. 

8. Teflon (PTFE)


      Politetrafluoroetena (PTFE) atau teflon terutama digunakan untuk pelapis alat-alat memasak. Teflon bersifat ulet, kenyal, tahan zat kimia, tak mudah terbakar, isolator listrik dan panas yang baik, tak mudah lengket dan menempel. Dengan ada teflon di alat/panci masak untuk menggoreng sangat memudahkan kita memasak dan mencucinya. Banyak ibu-ibu pasti merasakan manfaat polimer satu ini.


9. Bakelit 


     Fenolformaldehida atau bakelit termasuk jenis thermosetting, dengan monomer fenol dan formaldehida. Bakelit digunakan sebagai plastic dan peralatan listrik.

10. Melamin


     Melamin termasuk plastic thermosetting yang kuat, tahan terhadap panas dan bahan kimia. Melamin dipakai untuk membuat alat-alat rumah tangga seperti piring, sendok, mangkuk dan asbak.

11. Other 


     Jenis plastik ini biasanya ada di tempat makanan dan minuman seperti botol minum olahraga. Polycarbonate bisa mengeluarkan bahan utamanya yaitu Bisphenol-A ke dalam makanan dan minuman yang berpotensi merusak sistem hormon jadi, sebisa mungkin hindari bahan plastik Polycarbonate.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar